Philocoffee® hadir menjawab kebutuhan Anda untuk meningkatkan kualitas pengalaman menikmati kopi Anda baik itu dari segi material maupun pengetahuan
Philocoffee® merupakan toko alat kopi, kedai kopi, dan penyangrai kopi yang dikenal memelopori manual brewing di Indonesia. Philocoffee® terbentuk di Bandung pada pertengahan 2010 sebagai kolektif kerja terkait kopi. Pada awal 2011, dari kolektif kerja, Philocoffee® bertransformasi menjadi unit bisnis. Pada akhir 2011, Philocoffee® memindahkan pusat kegiatannya di Jakarta sampai sekarang. Kini, setelah Philocoffee® berkiprah selama 5 tahun lebih, sebagian besar pecinta kopi spesialti (specialty coffee) di Indonesia mulai mengenal dan merayakan praktik-praktik penyeduhan kopi berbasis manual brewing dengan menggunakan beragam alat yang kami populerkan, seperti Chemex, Hario, Kalita Wave, AeroPress, Espro Press, Coffeega, Able Disk, BonaVita, Handpresso, Kono, RGB Metal Filter, dan lain-lain. Dan, kami juga memperkenalkan penggiling kopi Baratza, yang memang terkenal kemampuannya untuk meningkatkan hasil seduhan kopi berbasis manual brewing. Bagi kami, tentu itu capaian yang sangat membanggakan. Tidak hanya berhenti pada manual brewing, kami juga menghadirkan produk-produk barista tools yang pada zamannya jarang digunakan—seperti tamping mat—dan alat pendukung dari berbagai merek terkemuka di dunia kebaristaan, seperti Motta, Espro, Cafelat, Pallo, KeepCup, iSi, dll.
Sebagai toko kopi, Philocoffee® menjadi jembatan menuju “desa global” antara para peminum kopi di Indonesia dengan peminum kopi di belahan dunia lain melalui peralatan kopi yang kami hadirkan. Kesuksesan Philocoffee® dalam memopulerkan berbagai gawai manual brewing di Indonesia menjadikan Philocoffee® sebagai barometer perkembangan alat kopi dan praktik penyeduhan kopi manual di Indonesia. Tak heran jika jejak langkah Philocoffee® selalu dijadikan acuan dan diikuti.
Sebagai perendang kopi, Philocoffee® bekerja sama dengan berbagai koperasi dan pengolah kopi beras. Philocoffee® secara berkala menggelar cupping agar bisa menelusuri informasi sejauh mungkin akan kopi yang kami sodorkan. Ketika identitas kopi masih menjadi rahasia, Philocoffee® sejak 2011 mempromosikan keterbukaan informasi sebisa mungkin mengenai kopi yang kami tawarkan kepada pelanggan kami, mulai dari tanggal sangrai sampai nama petani atau pengolah.
Sebagai kedai kopi, kopi yang kami sodorkan sebagian besar merupakan terobosan kerja para petani dan pengolah berpengalaman. Misalnya, Gayo yang diproses dengan metode kupas kismis dan black honey oleh Keluarga Produksi Hamdan: keduanya merupakan kerja terobosan dan inovatif di Indonesia. Dengan demikian, kedai kopi Philocoffee® juga merupakan monumen yang merekam jejak kerja para petani dan pengolah. Anda melalui Philocoffee® bisa menelusuri dinamika sosiokultural dan kognisi yang terjadi di hulu lantaran setiap tahun kami melakukan pengumpulan data dan kajian di hulu dan/atau kebun kopi.
Kerja Philocoffee® tidak hanya berhenti pada upaya keterbukaan informasi identitas kopi (traceability), memopulerkan manual brewing, dan barista tools berkualitas di Indonesia. Kami juga menjalankan program-program kerja seperti diskusi panel, sarasehan, termasuk kajian mengenai kebun kopi, yang akses atau hasilnya terbuka untuk publik. Dengan begitu, para pelanggan Philocoffee® tidak hanya sekadar minum kopi dan berbelanja, tapi juga saling belajar dan bertukar jaringan, informasi, dan pengalaman terkait kopi. Salah satu program tersebut adalah Klub Bincang Kopi yang dimulai sejak akhir 2011.
Pada 2014 merupakan tahun tersibuk bagi Philocoffee® lantaran pada tahun inilah kami mulai mengerjakan program pendokumentasian dunia kopi di Indonesia dan melanjutkan telaah lapangan mengenai peningkatan kualitas produksi di hulu yang sudah kami mulai sejak 2012. Jika pada 2012 kajian kami di Sulawesi Selatan, pada 2014 kami memusatkan perhatian di Jawa Barat. Sementara itu, pada akhir caturwulan 2015 kami menelaah kopi di Tanah Gayo. Kami juga sedang mempersiapkan kajian kembali di Tanah Gayo dan Tanah Batak pada awal caturwulan ketiga 2015.
Untuk kerja pendokumentasian, Philocoffee® mulai menyusun situs peta direktori mengenai tempat-tempat terkait kopi, seperti kebun, kedai kopi, penyangrai kopi, lembaga penelitian, dll. Situs ini mulai kami kerjakan pada pertengahan Februari 2014 dan mulai kami luncurkan ke publik pada awal Juni 2014. Situs ini kami namakan Telusurkopi.com.
Selain Telusurkopi.com, pada 1 April 2014, Philocoffee® juga mengerjakan program kerja yang lain, yaitu membangun majalah daring berbasis komunitas mengenai kopi, yaitu Bincangkopi.com. Situs Bincangkopi.com memuat berbagai tulisan dari berbagai penulis yang memang banyak terlibat dalam dunia kopi atau sekadar pecinta kopi.
Philocoffee® tak pernah berhenti menghadirkan produk-produk terbaru dan berkualitas, bekerja secara inovatif, serta membangun jaringan pertukaran pengetahuan. Karena itu, visi dan misi Philocoffee® adalah bagaimana menjawab kebutuhan Anda untuk meningkatkan kualitas pengalaman menikmati kopi Anda baik itu dari segi material maupun pengetahuan.
Jika Anda tertarik dengan produk-produk yang kami tawarkan, kami dengan senang hati akan membantu Anda dalam memberikan kepuasan berbelanja di Philocoffee.